Kisah Dua Wali Quthb, Guru Sekumpul dan Al Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf

loading...
AGENDA PESANTREN - Pernah suatu waktu Habib Anis bin Alwi al-Habsyi Solo berkunjung ke tempat al-Quthb al-Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf di Jeddah. Al-Habib Abdul Qadir Assegaf berkata: "Setiap wali di seluruh dunia berada di bawah telapak kakiku (di dalam kerajaanku, sebagaimana pernah juga diucapkan Syaikh Abdul Qadir al-Jailani)."


Kemudian Habib Anis bertanya: "Kalau Guru Sekumpul (TGKH. Zaini Abdul Ghani)?"

"Tidak ada dalam kerajaanku," jawab al-Habib Abdul Qadir.

Lalu Habib Anis berkata: "Saya pernah berkunjung ke tempat Guru Sekumpul. Di sana dihadiri banyak jamaah dan membacakan kitab-kitab yang banyak dibaca para habaib juga." Dua kali Habib Anis menanyakan sosok Guru Sekumpul, tapi tetap dijawab "Tidak ada" oleh al-Habib Abdul Qadir.

Dan untuk ketiga kalinya Habib Anis menanyakan hal yang sama kepada al-Habib Abdul Qadir. Sejenak kemudian al-Habib Abdul Qadir terdiam, lalu berkata: "Ada, tapi beliau mempunyai kerajaan tersendiri dan lengkap dengan bawahan semuanya. Dan langsung Rasulullah Saw. yang memberikan kerajaan tersebut."

Suatu ketika ada seseorang yang bertanya kepada Guru Sekumpul tentang sosok al-Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf Jeddah. Dan Tuan Guru Ijai (Guru Sekumpul) menjawab: "Al-Habib Abdul Qadir itu wali Quthbnya dunia."

Sumber: http://ardiantozone.blogspot.co.id/2015/10/dua-wali-quthb-guru-sekumpul-dan-habib.html
loading...

0 Response to "Kisah Dua Wali Quthb, Guru Sekumpul dan Al Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf"

Posting Komentar